BAB IX
Merancang Strategi
Pemasaran
Pemasaran
Pemasaran tidak hanya
mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau memajang produk di etalase saja,
pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang
atau jasa, tepat pada waktu yang tepat dan lokasi yang tepat pula. Pemasaran
bertitik tolak pada kebutuhan pembeli yang belum terpenuhi yang berkaitan
dengan barang, harga, kualitas, dan lain sebagainya.
Anda dapat dikatakan
berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan dua hal
berikut :
1. Pembeli melakukan pembelian ulang
2. Pembeli merekomendasikan produk ke Orang
lain
Dibawah ini beberapa
teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu :
1. Mengelompokan Pasar
Hal terpenting dalam
memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka
butuhkan, bukan membuat barang atau jasa terlebih dahulu lalu menunggu pembeli
datang. Beberapa pengelompokan pembeli yang dapat dilakukan, antara lain berdasarkan
:
- Lokasi tempat tinggal
- Jenis Kelompok
- Demografis
- Psikologis
- Jumlah yang dibeli
2. Masa
Peredaran Barang dan Jasa
Semua barang atau jasa
yang ditawarkan kepada konsumen memiliki siklus hidupnya masing masing. Tahapan
tersebut dimulai dari tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan,
dan diakhiri dengan tahan penurunan.
Apabila mengetahui masa
peredaran suatu barang atau jasa, maka kita akan :
a. Mempercepat atau memperlambat
tahapan-tahapan
b. Mengetahui masa edar dan siklus hidup yang
dimiliki
c. Mengetahui layak atau tidaknya masuk dalam
usaha baru.
3. Analisa swot
Analisis yang dikenal
dengan sebutan analisis kekuatan –
Kelemahan – Peluang – Ancaman adalah sangat penting untuk mengetahui posisi
usaha yang dijalankan saat ini.
Menentukan Strategi
Pemasaran
Setelah kita melakukan
analisis SWOT, maka selanjutnya kita perlu menyusun strategi pemasaran.
Strategi Pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat
barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau
selera konsumen yang dituju.
Menentukan Alat Pemasaran
Alat pemasaran yang
dimaksud disini lebih kita kenal dengan sebutan bauran pemasaran ( Marketing
mix ), yaitu gabungan atau pengunaan kombinasi unsur – unsur seperti produk,
harga, promosi dan sebagainya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan
komposisi yang ideal, sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.
Menyusun Rencana
Pemasaran
Rencana pemasaran harus
disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya
dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak – pihak yang terkait langsung
dengan proses pemasaran.
Sumber : Suharyadi,dkk.
Kewirausahaan membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta : Salemba
Empat
0 komentar:
Posting Komentar